top of page

Ripple Effect 180 Group

Public·324 members

Teori Kesusastraan Rene Wellek: Sebuah Tinjauan Kritis



Teori Kesusastraan Rene Wellek: Sebuah Tinjauan Kritis




Teori Kesusastraan adalah buku klasik yang ditulis oleh Rene Wellek dan Austin Warren, dua tokoh penting dalam bidang kritik sastra. Buku ini pertama kali diterbitkan dalam bahasa Inggris pada tahun 1949 dengan judul Theory of Literature, dan kemudian diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia oleh Melani Budianta pada tahun 1989. Buku ini membahas berbagai aspek dan pendekatan dalam studi sastra, mulai dari definisi dan batasan sastra, fungsi dan tujuan sastra, kritik dan teori sastra, sejarah dan perbandingan sastra, hingga hubungan sastra dengan bidang-bidang lain seperti psikologi, sosiologi, filsafat, dan sejarah.


Teori Kesusastraan Rene Wellek merupakan salah satu buku teori sastra yang paling banyak dipakai sebagai referensi dan bahan ajar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Buku ini dianggap sebagai salah satu karya monumental yang memberikan kontribusi besar bagi perkembangan ilmu sastra di dunia. Namun, buku ini juga tidak luput dari kritik dan tantangan dari para sarjana dan peneliti sastra yang memiliki pandangan berbeda atau lebih baru. Beberapa kritik yang sering muncul terhadap buku ini antara lain adalah:


teori kesusastraan rene wellek pdf 24



  • Buku ini cenderung bersifat normatif dan preskriptif dalam menetapkan standar dan kriteria sastra yang baik dan benar. Buku ini juga dianggap mengabaikan keragaman dan konteks sosial-budaya dari berbagai karya sastra yang ada.



  • Buku ini lebih menekankan pada pendekatan intrinsik dalam menganalisis karya sastra, yaitu pendekatan yang mengkhususkan diri pada unsur-unsur internal karya sastra itu sendiri, seperti struktur, gaya, tema, tokoh, alur, latar, dan sebagainya. Buku ini kurang memberikan perhatian pada pendekatan ekstrinsik, yaitu pendekatan yang menghubungkan karya sastra dengan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhinya, seperti latar belakang pengarang, sejarah, ideologi, politik, ekonomi, budaya, dan sebagainya.



  • Buku ini sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan teori-teori sastra yang lebih mutakhir dan kontemporer, seperti strukturalisme, poststrukturalisme, dekonstruksi, feminisme, marxisme, poskolonialisme, psikoanalisis, semiotika, hermeneutika, resepsi estetik, naratologi, intertekstualitas, dan sebagainya. Buku ini juga tidak memperhitungkan adanya perkembangan media dan teknologi yang mempengaruhi produksi dan konsumsi sastra di era digital.



Meskipun demikian, Teori Kesusastraan Rene Wellek tetap memiliki nilai historis dan metodologis yang penting bagi studi sastra. Buku ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber untuk mempelajari dasar-dasar teori sastra yang klasik dan universal. Buku ini juga dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan dan diskusi untuk mengkritisi dan mengevaluasi teori-teori sastra yang lain. Buku ini juga dapat menjadi inspirasi bagi para peneliti sastra untuk mengembangkan teori-teori sastra yang lebih sesuai dengan zaman dan kebutuhan mereka. 29c81ba772


https://www.gflutheran.org/group/questions-and-answers/discussion/e094c59b-de72-48f2-8d28-2f4b45634f15

https://www.olsh-hilltown.com/group/catholic-daily-quotes/discussion/500b1b6c-082b-44bf-bba5-1942e5e46f83

https://www.bossskillz.com/group/boss-skillz-training-group/discussion/72485073-e494-4542-b28d-91f8c433038a

About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Members

  • Genevieve Cleopatra
    Genevieve Cleopatra
  • Phoenix Grace
    Phoenix Grace
  • Vitto Scaletta
    Vitto Scaletta
  • Cracks Here
    Cracks Here
bottom of page